Share this article : Share on FB Tweet Share on G+

Masjid Menara Kudus Jawa Tengah dan Sejarahnya

Masjid Menara Kudus Jawa Tengah dan Sejarahnya
Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus Jawa Tengah - Ketika berada di kota Kudus dan ingin berkunjung ke obyek wisata religi mungkin bisa mengunjungi salah satu masjid yang terkenal di Kudus yaitu Masjid Menara Kudus. Masjid ini juga disebut Masjid Al Aqsa yang merupakan salah satu masjid peninggalan sejarah dan sebagai bukti penyebaran agam Islam di tanah Jawa yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 masehi atau tahun 956 Hijriah. Masjid ini tergolong unik dan bergaya arsitektur tinggi dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama serta memiliki luas sekitar 2400 m persegi dibangun diatas tanah datar berupa sebidang tanah pekarangan. Salah satu keistimewaan dari masjid ini yaitu Menara Kudus karena itu orang lebih mengenal menara Kudus daripada Masjid Kudus.
Silahkan baca juga: Taman Krida Wisata di Kudus

Masjid Menara Kudus memiliki deskripsi bangunan secara keseluruhan berbentuk empat persegi panjang berukuran panjang 58 m dan lebar 21 m, terdapat dua gapura unik yang berbentuk candi bentar. Bentuk menaranya mengingatkan akan bentuk candi corak Jawa Timur, menara Masjid Kudus merupakan bangunan kuno hasil dari akulturasi antara kebudayaan Jawa-Hindu dengan Islam, bahkan unsur kebudayaan asli. Masjid Menara Kudus berada di tengah pemukiman penduduk dan terletak di tanah datar, lokasinya di Desa kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah.

Sejarah Masjid Menara Kudus
Sejarah Masjid Menara Kudus tidak lepas dari peranan Sunan Kudus sebagai pendiri dan pemrakarsa. Masjid tersebut juga memiliki nama Masjid Al Aqsa dan Al manar. Sunan Kudus memiliki cara yang bijaksana dalam dakwahnya yaitu dia mampu adaptasi dan pribumisasi ajaran Islam di tengah masyarakat yang telah memiliki budaya mapan dengan mayoritas beragama Hindu dan Budha. Pencampuran budaya Hindu dan Budha dalam dakwah yang dilakukan Sunan Kudus, dapat dilihat pada Masjid Menara Kudus. Pada tahun 1918 sampai 1919 masjid tersebut pernah mengalami perubahan, di tahun 1933 dilakukan perluasan pada serambi depan masjid, tahun 1960 perbaikan atap ruangan masjid, dan di tahun 1977-1980 dilakukan pemugaran oleh Sasana Budaya.

Nah, bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih luas tentang semuanya yang ada pada Masjid Menara Kudus bisa berkunjung kesana. Jika sedang berlibur ke kota Kudus tak ada salahnya menyempatkan diri mengisi waktu liburannya ke obyek wisata religi Masjid Menara Kudus Jawa Tengah.
Silahkan baca juga: Wisata Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi

Post title : Masjid Menara Kudus Jawa Tengah dan Sejarahnya
Written by :

Berfikir positif itu rileks. Jika anda tertarik untuk menyalin seluruh tulisan artikel ini untuk situs anda silahkan cantumkan link hidup sebagai sumbernya. Hindari pelanggaran hak cipta demi kebaikan bersama. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang ditampilkan hanya yang berkaitan dengan isi artikel dan tidak berisi link hidup.