Share this article : Share on FB Tweet Share on G+

Wisata di Kota Kudus Jawa Tengah

Ingin tahu tempat wisata apa saja yang ada di Kota Kudus?
Baiklah, Diary Wisata Indonesia akan membagikan artikel menarik tentang Wisata di Kota Kudus Jawa Tengah. Sebelumnya kita harus tahu bahwa kota Kudus merupakan salah satu kota di Indonesia yang juga diminati banyak kalangan wisatawan karena sejumlah obyek wisatanya mampu menarik perhatian bagi wisatawan dari dalam maupun luar kota Kudus sendiri bahkan wisatawan mancanegara juga tidak sedikit yang tertarik akan keindahan sejumlah obyek wisatanya.

Daftar isi :

Kudus adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah, ibukotanya sendiri yaitu Kota Kudus dan letak wilayahnya berada di jalur pantai timur laut Jawa Tengah antara Kota Semarang dan Kota Surabaya. Kudus ini selain memiliki sejumlah tempat wisata yang sudah terkenal di benak wisatawan ternyata juga dikenal sebagai kota penghasil rokok kretek terbesar di Jawa Tengah sampai-sampai dijuluki sebagai "Kota Kretek". Ketika berkunjung ke Kota Kudus anda akan merasakan suasana religius yang sangat kental, karena Kudus juga dikenal sebagai kota santri yang mana pada abad pertengahan kota ini menjadi pusat perkembangan agama Islam, hal ini dapat dilihat dari adanya tiga tempat peristirahatan terakhir seorang wali atau sunan yaitu Sunan Kudus, Sunan Kedu, dan Sunan Muria. Ketiga tempat tersebut juga merupakan tempat wisata religi dan menjadi tujuan favorite para wisatawan ketika berkunjung ke Kota Kudus Jawa Tengah terutama wisatawan lokal Indonesia yang ingin berziarah dan mengenal sejarahnya.

Baca juga wisata di Jawa Tengah lainnya: Tempat wisata di Purwokerto Lengkap dan Menarik

Pariwisata di kota Kudus bisa dibilang semakin berkembang dan maju, sejumlah obyek wisatanya semakin dikenal oleh masyarakat dalam maupun luar. "The Taste of Java" adalah slogan pariwisatanya seperti yang tertulis di wikipedia, jadi tak ada salahnya merasakan nikmatnya liburan wisata ke sejumlah obyek wisata di Kota Kudus seperti yang saya bagikan informasinya di bawah ini;

Wisata Alam


Wisata Air Terjun Monthel di Kota Kudus Jawa Tengah
Air Terjun Monthel
Di obyek wisata Air Terjun Monthel ini pengunjung bisa menikmati indahnya panorama alam pegunungan disertai udara yang bersih dan sejuk. Bermain air di bawah derasnya terjunan air dari atas bebatuan membuat suasana wisata semakin seru. Sejumlah warung yang berada di sekitarnya juga melengkapi obyek wisata ini, bagi pengunjung yang ingin melepas dahaga dan lapar maka warung-warung yang ada disana siap melayani dengan berbagai menu makanan maupun minuman yang disajikan.
Lokasi Air Terjun Monthel: Kawasan pegunungan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus.
Baca ulasan: Wisata Alam Air Terjun Monthel di Kudus

Wisata Air Terjun Gonggomino di Kudus Jawa Tengah
Air Terjun Gonggomino
Air Terjun Gonggomino tidak jauh beda dengan air terjun sebelumnya, lokasinya pun juga tidak jauh dengan air terjun Monthel, masih satu kawasan dan Kecamatan yang sama hanya berbeda letak desanya yaitu di Desa Japan. Di air terjun Gonggomino juga terdapat warung untuk menikmati kuliner sambil melihat pemandangan sekitar.
Baca ulasan: Air Terjun Gonggomino yang ada di Kudus Jawa Tengah

Wisata Sumber Air Tiga Rasa di Kudus Jawa Tengah
Sumber Air Tiga Rasa
Sumber mata air ini memang memiliki tiga rasa yang berbeda di setiap titiknya. Sumber air yang pertama memiliki rasa tawar asam, sumber air yang kedua memiliki rasa seperti soda, sumber air yang ketiga memiliki rasa seperti tuak. Dari ketiga sumber air tersebut menurut kepercayaan masyarakat setempat juga memiliki khasiat yang berbeda, untuk sumber air yang pertama berkhasiat dapat mengobati berbagai penyakit, yang kedua berkhasiat dapat menumbuhkan rasa PD atau percaya diri, yang ketiga dapat memperlancar rejeki. Dari ketiga khasiat tersebut kembali pada diri kita sendiri, percaya atau tidak bukanlah masalah. Dan yang paling uniknya yaitu jika ketiga air tersebut dicampur menjadi satu hanya akan terasa tawar.
Lokasi wisata Sumber Air Tiga Rasa berada di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kudus.
Baca ulasan: Air Tiga Rasa Gunung Muria di Kudus Jawa Tengah

Wisata Keluarga


Wisata The Peak View Waterboom di Kudus Jawa Tengah
The Peak View Waterboom
Salah satu tempat rekreasi keluarga yang asyik ketika di Kudus yaitu di The Peak View Waterboom, disini pengunjung bisa bermain bersama anak tersayang di berbagai wahana yang menyenangkan seperti kolam renang untuk anak dan dewasa, outbound, permainan anak, ATV, dan bersantai di gazebo atau warung.
Lokasi wisata The Peak View Waterboom berada di dekat Universita Muria Kudus tepatnya di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kudus.

Mulia Wisata Waterboom di Kudus Jawa Tengah
Mulia Wisata
Mulia Wisata Waterpark juga ikut melengkapi sektor pariwisata di Kota Kudus, obyek wisata ini juga terdapat wahana air yang seru diantaranya yaitu kolam renang standar nasional sepanjang 50 meter, kolam arus, ATV jenis mobil dan motor, kolam renang untuk anak dan dewasa, dan juga bagi yang hobi memancing juga terdapat kolam pancingnya. Sejumlah warung juga menyajikan makanan dan minuman bagi pengunjung yang ingin menikmati kuliner sambil bersantai. Fasilitas yang bisa digunakan yaitu musholla, wifi area, area merokok, taman parkir, dan toilet pria & wanita.
Lokasi Mulia Wisata Waterpark ini berada di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.
Baca ulasan: Waterboom Mulia Wisata di Kudus Jawa Tengah

Wisata Taman Krida di Kudus Jawa Tengah
Taman Krida Wisata
Sebuah wisata keluarga yang menyajikan suasana yang sejuk, asri, dan teduh diantara rimbunnya pepohonan yang subur di area Taman Krida Wisata. Bagi pengunjung yang datang bersama anaknya, taman ini memang cocok untuk rekreasi atau piknik sambil belajar mengenal binatang yang di ilustrasikan dalam bentuk patung diantaranya yaitu patung dinosaurus, jerapah, singa, harimau, zebra, kudanil, dan gajah. Lokasinya berada di Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kudus Kota, Kabupaten Kudus.
Baca ulasan: Taman Krida Wisata di Kudus Jawa Tengah

Wisata Sejarah


Wisata Museum Purbakala Situs Patiayam di Kudus Jawa Tengah
Museum Situs Patiayam
Situs Patiayam merupakan salah satu situs terlengkap yang mana pernah ditemukannya fosil manusia purba (Homo Erectus), fauna vertebrata, dan fauna invertabrata serta alat-alat bantu manusia dari hasil budaya manusia purba yang ditemukan dalam satu aeri pelapisan tanah yang tidak terputus sejak minimal satu juta tahun yang lalu. Dari waktu ke waktu semakin banyak fosil yang ditemukan, maka dibangunlah museum khusus sebagai tempat penampungan fosil-fosil temuan. Museum Purbakala Situs Patiayam terletak di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus.

Wisata Religi Masjid Menara Kudus
Masjid Menara Kudus
Salah satu tempat wisata sejarah yang patut dikenal yaitu Masjid Menara Kudus, masjid ini memiliki sejarah yang menarik yang mana masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus di tahun 1549 masehi dengan menggunakan batu dari Palestina yang bernama batu Baitul Maqdis. Masjid ini bisa dibilang unik karena tidak tampak seperti masjid pada umumnya namun tampak seperti candi karen memang masjid ini merupakan perpaduan antara budaya Isalam dengan budaya Hindu.
Masjid Menara Kudus terletak di sebuah desa bernama Desa Kauman, Kudus.
Baca ulasan: Masjid Menara Kudus Jawa Tengah dan Sejarahnya

Wisata Sejarah Goa Jepang di Kudus Jawa Tengah
Goa Jepang
Goa Jepang ini lokasinya tidak jauh dengan obyek wisata Sumber Air Tiga Rasa yaitu di lereng Gunung Muria Desa Colo Kudus. Goa ini merupakan peninggalan sejarah pada masa lampau, selain dapat menyusuri dalam goa disini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan di sekitar goa.

Wisata Belanja di Kota Kudus


  • Mall of Kudus di Desa Barongan, Kudus
  • Kudus Extension Mall di Desa Getaspejaten, Kudus
  • Kudus Plaza di Desa Getaspejaten, Kabupaten Kudus
  • Kudus Swalayan di Kelurahan Purwosari, Kudus
  • Kliwon Trade Center di Desa Mlati Lor, Kudus

Itulah beberapa wisata di Kota Kudus yang bisa saya sampaikan disini, semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda, dan jika sedang berkunjung ke kota Kudus pulangnya jangan lupa membawa oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, maupun kerabat. Oleh-oleh khas Kudus yang banyak diminati wisatawan saat berkunjung kesana yaitu Jenang Kudus, Ganyong, Jambu Bol, Duku Sumber, Pisang Byar, Kacang Bawang, Jagklong, Antik, Jeruk Pamelo. Makanan khas seperti itu bisa anda beli di banyak tempat di wilayah Kudus, dengan membawa oleh-oleh ketika pulang maka akan semakin mempererat tali silaturahmi antar sesama.

Terima kasih anda bersedia membaca artikel yang berjudul Wisata di Kota Kudus Jawa Tengah


Kembali ke atas ↑

Post title : Wisata di Kota Kudus Jawa Tengah
Written by :

Berfikir positif itu rileks. Jika anda tertarik untuk menyalin seluruh tulisan artikel ini untuk situs anda silahkan cantumkan link hidup sebagai sumbernya. Hindari pelanggaran hak cipta demi kebaikan bersama. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang ditampilkan hanya yang berkaitan dengan isi artikel dan tidak berisi link hidup.