Share this article : Share on FB Tweet Share on G+

Tempat Wisata di Bandung yang Menarik dan Terkenal

Tempat Wisata di Bandung, Jawa Barat - Ketika liburan datang pasti yang dibicarakan adalah berkunjung ke sejumlah tempat wisata, nah buat anda yang ingin rekreasi bersama keluarga mungkin kota Bandung bisa dijadikan salah satu tujuan untuk mengisi liburan dengan mengunjungi tempat wisata menarik dan terkenal yang ada di Bandung dan sekitarnya.
Silahkan baca juga: Benteng Vastenburg di Solo

Bandung memiliki banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, atau berbagai wahana wisata modern, dan lainnya. Dengan memiliki banyak pilihan tempat wisata seperti itu maka kota Bandung menjadi tujuan favorite bagi wisatawan. Untuk akses menuju ke "Kota Kembang" tersebut atau ke sejumlah tempat wisatanya tentu sangat mudah karena sudah banyak sarana transportasi yang tersedia.

Bagi anda yang berencana mengisi liburan bersama keluarga dengan berkunjung ke sejumlah tempat wisata, disini Diary Wisata Indonesia akan membagikan daftar tempat wisata di Bandung yang menarik dan terkenal untuk dikunjungi ketika liburan.

Wisata Alam

Tempat Wisata Kawah Putih di Bandung
Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih merupakan salah satu objek wisata alam andalan di Bandung tepatnya di daerah Ciwidey, Jl. Raya Soreang Ciwidey, sekitar kurang lebih 50 km dari Bandung Selatan. Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha, dan kawah tersebut memiliki keunikan tersendiri yaitu airnya yang bisa berubah warna, keunikan tersebut membuat wisatawan selalu ingin berkunjung kesana untuk menyaksikan hal tersebut. Selain itu sekitar Kawah Putih juga menyajikan pemandangan yang sangat menarik dan sejumlah fasilitas yang bisa digunakan.

Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu di Bandung
Gunung Tangkuban Perahu
Jika anda ingin menikmati keindahan alam gunung maka objek wisata ini bisa dijadikan alternatif liburan ketika di Bandung. Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata alam yang populer dan terkenal yang terletak di antara Subang dan Lembang, Jawa Barat, sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.000 meter lebih dan berbentuk seperti perahu terbalik yang mana tercipta karena sejarah legenda Sangkuriang, itu menurut sejarah yang beredar di kalangan masyarakat setempat. Gunung Tangkuban Perahu masih merupakan gunung api yang masih aktif, namun pengunjung tidak usah kawatir karena statusnya selalu diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia, jadi jika ada hal yang tidak diinginkan maka akan segera di informasikan.

Tempat Wisata Situ Patenggang di Bandung
Situ Patenggang
Bagi warga lokal sekitar Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Situ Patenggang, karena memang objek wisata tersebut juga menjadi salah satu tujuan favorite untuk mengisi libur akhir pekan. Buat anda yang sengaja ingin rekreasi bersama keluarga dan anak tercinta maka objek wisata Situ Patenggang bisa dijadikan tujuan berlibur karena disini merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang menarik dan cocok untuk piknik bareng keluarga. Situ Patenggang menyajikan pemandangan alam yang indah dan sejuk, maka itu selalu ramai pengunjung entah itu warga Bandung maupun dari luar kota, dan Situ Patenggang juga menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang murah. Disini pengunjung bisa bersantai melihat pemandangan dan juga bisa berkeliling mengitari danau dengan menggunakan perahu air yang sengaja disewakan untuk pengunjung, selain itu juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan maupun minuman yang khas. Lokasi Situ Patenggang berada di Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Lokasinya tidak jauh dari objek wisata Kawah Putih.

Tempat Wisata Curug Malela di Bandung
Curug Malela
Wisata alam yang satu ini juga tidak kalah indahnya, air terjun yang bernama Curug Malela ini juga salah satu tempat wisata yang menarik, populer, dan terkenal di Bandung. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri berkunjung kesana untuk mendapatkan kesejukan dan menikmati pemandangan air terjun yang mempesona. Bentuk Curug Malela seperti air terjun Niagara yang terkenal di Amerika Serikat namun berbeda ukuran. Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar sekitar 70 meter serta memiliki 5 air terjun. Untuk lokasi Curug Malela berada di Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Wisata Sejarah

Tempat Wisata Gedung Sate di Bandung
Gedung Sate
Gedung Sate merupakan ikon kota Bandung yang sampai sekarang menjadi destinasi yang wajib saat ke Bandung, dengan memiliki bentuk bangunan yang unik maka Gedung Sate selalu membuat pengunjung penasaran untuk melihat-lihat. Keunikan dari bangunan ini memiliki ciri khas berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya. Gedung Sate adalah bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1920 dan hingga sekarang masih berdiri kokoh yang kini berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan Jawa Barat, sekitar area juga dilengkapi dengan taman yang mana banyak diminati wisatawan domestik hingga mancanegara. Gedung Sate merupakan salah satu objek wisata sejarah di Bandung yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Monumen Bandung Lautan Api di Bandung
Monumen Bandung Lautan Api
Mungkin anda sudah pernah mendengar peristiwa Bandung Lautan Api dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha waktu itu. Nah, karena sejarah itulah dibangun Monumen Bandung Lautan Api untuk mengenangnya. Monumen ini menjadi salah satu monumen yang terkenal di Bandung yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan memiliki sisi sebanyak 9 bidang, jadi sayang jika ke Bandung tidak mengunjungi tempat tersebut. Wisatawan dari luar kota juga selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke monumen tersebut untuk mengabadikannya. Monumen ini selalu menjadi pusat perhatian termasuk wisatawan mancanegara untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api. Untuk lokasi monumen Bandung Lautan Api berada di tengah-tengah kota tepatnya di kawasan lapangan Tegallega Bandung.

Tempat Wisata Gedung Merdeka di Bandung
Gedung Merdeka
Tempat wisata sejarah yang menarik dan terkenal selanjutnya yaitu Gedung Merdeka. Gedung ini juga menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib ketika di Bandung khususnya pecinta sejarah. Gedung ini terdapat museum yang mengandung sejarah mengenai latar belakang Asia-Afrika seperti ruang drama, ruang audio visual, foto dan arsip, dokumentasi perkembangan Asia-Afrika dari masa ke masa, ruang pameran, dan perpustakan yang memiliki berbagai macam koleksi mengenai sejarah konferensi Asia-Afrika. Lokasi Gedung Merdeka berada di Jalan Asia-Afrika no 65 Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat.

Wisata Keluarga

Tempat Wisata Trans Studio Bandung di Bandung
Trans Studio Bandung
Wisata keluarga yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda karena memang tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata terkenal dan menarik di kota Bandung. Trans Studio Bandung adalah kawasan wisata terpadu yang memiliki luas sekitar 4 hektare lebih yang menjadikannya sebagai kawasan hiburan terluas dan terlengkap di Bandung. Banyak berbagai macam wahana yang disajikannya termasuk wahana petualangan yang temanya diambil dari sebuah legenda. Selain wahana juga terdapat beragam fasilitas untuk memanjakan pengunjung seperti mall, hotel, bank, dan lainnya. Bagi anda yang ingin rekreasi bersama keluarga dan anak tercinta, saya rasa tempat wisata seperti itu juga cocok untuk dikunjungi karena Trans Studio Bandung juga merupakan salah satu tempat wisata anak di Bandung. Untuk alamat Trans Studio Bandung di Jalan Jenderal Gatot Subroto no 289, Bandung, Jawa Barat.

Tempat Wisata Kebun Binatang di Bandung
Kebun Binatang Bandung
Rasanya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke kebun binatang ketika mengisi liburan. Kebun Binatang Bandung bisa menjadi alternatif tujuan berlibur ketika di Bandung, dan disana pengunjung dapat melihat dan mengenal berbagai macam dan jenis flora dan fauna yang ada. Selain itu juga terdapat wahana yang bisa menghibur anak-anak seperti flying fox, taman bermain, dan perahu bebek. Selain itu di dalamnya juga sering diadakan pagelaran seni budaya, jadi banyak manfaat dan pelajaran yang didapatkan ketika berkunjung ke Kebun Binatang Bandung terutama pada anak-anak supaya lebih mengenal tentang binatang dan kebudayaan. Kebun Binatang Bandung juga merupakan tempat wisata di Bandung yang murah karena harga tiket masuknya sangat terjangkau. Kebun Binatang Bandung berlokasi di Jalan Kebun Binatang nomor 6, Lebak Siliwangi, Coblong, Bandung, Jawa Barat.

Tempat Wisata Kampung Gajah Wonderland di Bandung
Kampung Gajah
Kampung Gajah Wonderland adalah tempat wisata keluarga yang menarik dan terkenal di Bandung, sebuah kawasan wisata terpadu ini cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga karena didalamnya terdapat banyak wahana permainan yang mampu memanjakan pengunjung, selain itu pengunjung juga dapat menikmati beraneka macam kuliner serta berbelanja. Objek wisata Kampung Gajah merupakan destinasi wisata yang populer dan menjadi tujuan wajib saat libur panjang tiba terutama bagi warga sekitar Jakarta, Subang, Cianjur, dan wilayah Jawa Barat lainnya. Lokasi Kampung Gajah Wonderland berada di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat.

Wisata Museum

Museum Geologi Bandung
Museum ini merupakan salah satu monumen bersejarah yang berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan nasional. Di dalam museum ini menyimpan bermacam materi geologi seperti fosil, batuan, dan mineral.

Museum Sri Baduga
Salah satu museum di Bandung ini juga menarik untuk dikunjungi karena banyak menyimpan sejarah yang patut dikenal. Buat anda pecinta sejarah mungkin tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi karena Museum Sri Baduga ini memiliki koleksi benda-benda bersejarah hingga ribuan buah dari berbagai jenis geologika, biologika, arkeologika, filologika, historika, etnografika, heraldika, teknologi, keramik, dan seni rupa. Museum Sri Baduga berlokasi di Jalan BKR No. 185, Bandung, Jawa Barat.

Museum Pos Indonesia
Museum yang satu ini juga menarik untuk dikunjungi karena juga terdapat benda bersejarah lainnya. Selain itu di museum ini juga dilengkapi dengan gadget Win Audio Tour Guide yang dapat memudahkan pengunjung untuk merasakan pengalaman berkeliling museum. Gadget tersebut adalah sebuah alat yang memiliki tombol angka dimana pengunjung dapat mendengarkan informasi audio hanya dengan menekan tombol angka sesuai posisi obyek yang dipamerkan.

Kuliner Bandung

Banyak macam-macam kuliner yang bisa dinikmati ketika di Bandung mulai dari minuman dan makanan seperti gorengan, bakar, kukus, berkuah, roti, bolu, cemilan, dan lainnya. Nah, buat anda yang ingin membawa oleh-oleh saat pulang dari Bandung mungkin jenis kuliner khas dibawah ini bisa anda beli ketika di Bandung.
  • Batagor
  • Lotek
  • Peuyeum
  • Cimol
  • Cilok
  • Comro
  • Cireng
  • Misro
  • Surabi
  • Oncom
  • Seblak
  • Minuman Bandrek
  • Minuman Bajigur
  • Ambokueh
  • Candil
  • Cilung
  • Bala-bala
  • Bandros
  • Baso Tahu
  • Ketan Bakar
  • Tahu Gejrot
  • Gehu Pedas
  • Surandil
  • Endog-endogan
  • Derisol
  • Buskut
  • Gehu
  • Galendo
  • Boras
  • Brownis Amanda
  • Peuyeum Ketan
  • Karedok
  • Cendol
  • Es Goyobod
  • Gorolong lamot
  • Colenak

Itulah berbagai macam tempat wisata di Bandung yang menarik dan terkenal serta kuliner khas, semoga apa yang saya sajikan di halaman ini bisa bermanfaat buat anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan ketika berwisata dan tetap waspada.

Post title : Tempat Wisata di Bandung yang Menarik dan Terkenal
Written by :

Berfikir positif itu rileks. Jika anda tertarik untuk menyalin seluruh tulisan artikel ini untuk situs anda silahkan cantumkan link hidup sebagai sumbernya. Hindari pelanggaran hak cipta demi kebaikan bersama. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang ditampilkan hanya yang berkaitan dengan isi artikel dan tidak berisi link hidup.