Share this article : Share on FB Tweet Share on G+

Benteng Vastenburg di Solo Jawa Tengah

Benteng Vastenburg di Solo Jawa Tengah

Benteng Vastenburg adalah salah satu objek wisata bersejarah di Solo, objek wisata ini juga merupakan salah satu tujuan favorite bagi wisatawan ketika berkunjung ke kota yang memiliki budaya kejawen yang sangat kental. Benteng Vastenburg dibangun oleh Belanda pada tahun 1745 di kawasan Gladak, Surakarta terletak tidak jauh dari Keraton Solo, dan sekarang menjadi salah satu cagar budaya dan juga sering dijadikan tempat untuk mengadakan macam-macam event, karena itu Benteng Vastenburg ini menjadi salah satu alternatif tujuan wisata di Solo.
Silahkan baca juga: 7 Tempat Wisata di Surabaya yang Terkenal

Sedikit mengulas tentang sejarah Benteng Vastenburg, benteng ini adalah benteng peninggalan Belanda yang memiliki luas sekitar 31.000 meter persegi lebih yang dibangun atas perintah Jenderal Baroon Van Imhoff. Benteng ini pernah mengalami renovasi pertamanya di tahun 1794 dan renovasi berikutnya di tahun 1832 saat pemerintah Belanda mengambil alih kekuasaannya atas Indonesia dari Inggris. Setelah Indonesia berhasil merdeka, benteng tersebut masih dikuasai oleh tentara Belanda, namun di tahun 1947 masyarakat Solo dari berbagai lapisan berencana merebut kembali benteng tersebut yang mana mendapat dukungan dari kesatuan Batlyon TNI yang ada di Solo kala itu, dari kerjasama ini ternyata membuahkan hasil dan berhasil merebut Benteng Vastenburg.

Nah, bagi anda yang suka dengan objek wisata yang memiliki nilai sejarah seperti Benteng Vastenburg bisa berkunjung kesana untuk mengenal lebih banyak dan mengetahui lebih luas tentang semua yang ada di Benteng Vastenburg.

Post title : Benteng Vastenburg di Solo Jawa Tengah
Written by :

Berfikir positif itu rileks. Jika anda tertarik untuk menyalin seluruh tulisan artikel ini untuk situs anda silahkan cantumkan link hidup sebagai sumbernya. Hindari pelanggaran hak cipta demi kebaikan bersama. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang ditampilkan hanya yang berkaitan dengan isi artikel dan tidak berisi link hidup.