Share this article : Share on FB Tweet Share on G+

Wisata Cianjur: Tempat yang asyik untuk Rekreasi

Wisata Cianjur: Bagi anda yang ingin rekreasi bersama keluarga ke daerah Kabupaten Cianjur wajib mengetahui tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi ketika disana, dan sekarang saya akan mengulasnya sedikit tentang tempat wisata di Cianjur, Jawa Barat.

Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat
Loncat ke :
Bagi yang suka mengkonsumsi nasi yang berasal dari beras Pandan Wangi pasti teringat dengan Cianjur, ya.. memang Cianjur terkenal dengan penghasil beras yang memiliki rasa yang enak, pulen, dan memiliki aroma pandan ketika diolah menjadi nasi, beras terbaik tersebut tidak ditemukan di daerah lain sehingga beras Pandan Wangi menjadi ciri khas Cianjur sendiri. Selain memiliki ciri khas dalam hasil bercocok tanamnya, Cianjur juga memiliki sejumlah tempat rekreasi menarik bagi wisatawan yang ingin menjelajahi wilayah kabupaten Cianjur, suasana alam daerahnya juga terasa sejuk karena Cianjur sebagian besar terletak di wilayah pegunungan, dan persawahan di daerah kabupaten tersebut masih banyak dijumpai. Jika anda ingin menjadikan area persawahan dan pedesaan sebagai alternatif wisata alam, maka Cianjur juga cocok untuk dikunjungi.

Bagi anda yang ingin berwisata ke Cianjur untuk mencapainya sangatlah mudah yang bisa ditempuh dengan melalui jalur darat yaitu melewati jalur Puncak bagi yang berasal dari Jakarta serta untuk alternatifnya bisa melalui Jonggol atau via tol Purbaleunyi.
Cianjur memiliki sejumlah tempat wisata yang asyik untuk rekreasi, diantaranya yaitu wisata pantai. Dengan memiliki tiga pantai, maka banyak yang bisa dijadikan pilihan bagi wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata pantai ketika di Cianjur.

Wisata Pantai di Cianjur


Pantai Apra
Pantai ini terletak di sebuah ujung desa yang mana jalan yang harus ditempuh untuk mencapainya berkelok dan naik turun. Lokasinya berada di Kecamatan Sindang Barang, Cianjur Selatan, sekitar 85 km dari pusat kota Cianjur. Biasanya pantai Apra ini ramai dikunjungi ketika liburan, namun sayang pantai ini sepertinya kurang diperhatikan oleh pihak setempat sehingga kurang memiliki daya tarik yang menonjol, jika di hari biasa pantai ini juga tidak banyak pengunjung dan lagi fasilitas yang ada bisa dibilang kurang memadai.Namun meskipun begitu, pantai Apra bisa dijadikan alternatif untuk menikmati wisata alam serta bermain air dan mudah-mudahan dengan memiliki kekurangan tersebut, kedepannya pihak setempat bersedia lebih memperhatikan supaya pantai Apra menjadi salah satu obyek wisata alam yang bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi. (silahkan kirim komentar jika informasi ini tidak sesuai dengan yang sekarang)

Pantai Sereg
Tidak jauh dari pantai Apra, pantai Sereg juga terletak di Kecamatan Sindangbarang sekitar 120 km dari pusat kota Cianjur. Pantai Sereg merupakan pantai yang bersih, memiliki pepohonan kelapa yang melengkapi indahnya pemandangan khas pantai serta tebing-tebing yang menjulang menghadap ke pantai. Pantai Sereg memiliki panorama yang indah dan juga banyak pengunjung disaat liburan.

Pantai Jayanti
Kalau pantai yang ini merupakan pantai idola wisatawan lokal maupun luar Cianjur ketika berkunjung ke Cianjur. Pantai Jayanti memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri, berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang dan pelabuhan para nelayan yang mencari ikan. Pantai yang terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur ini masih alami disertai ombak yang menawan dan kebersihannya cukup terjaga. Wisatawan juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas yang tersedia disana seperti pondok-pondok untuk bersantai, warung, atau lainnya.
Baca ulasannya: Pantai Jayanti di Cianjur Jawa Barat

Wisata Pegunungan di Cianjur


Gunung Gede
Gunung ini menjadi salah satu tujuan favorite bagi kalangan pecinta alam untuk melakukan aktifitas pendakian maupun berkemah bahkan hampir setiap pekan selalu ada yang mendaki di gunung ini. Gunung Gede memiliki ketinggian sekitar 2.958 meter dan di sampingnya juga terdapat gunung Pangrango yang mana kedua gunung ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Di Gunung Gede bisa menyaksikan pemandangan alam yang memukau serta keindahan kota Cianjur, Cipanas, Bogor, dan Sukabumi dari puncaknya. Gunung Gede juga memiliki kawah yang masih aktif serta padang rumput yang ditumbuhi sejumlah bunga Edelweis.

Situs Gunung Padang
Tempat wisata ini memiliki history yang menarik untuk dikenal dan konon katanya situs ini merupakan situs megalitik paling besar di Asia Tenggara. Situs Gunung Padang terletak di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur. Situs ini berbentuk punden berundak yang mana mencerminkan tradisi megalitik dan menurut masyarakat setempat situs tersebut dipercaya sebagai bukti upaya Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam yang dibantu oleh pasukannya.
Baca: Situs Prasejarah Gunung Padang Cianjur semakin Terkenal

Wisata Air Terjun di Cianjur


Curug Cikondang
Curug yang berlokasi di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak diantara kebun teh PTP VIII. Untuk menuju ke obyek wisata ini bisa ditempuh melalui jalur masuk ke Gunung Padang sekitar 2jam dari kota Cianjur.

Curug Citambur
Curug yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur. Menurut penduduk setempat, nama curug ini diambil dari suara air terjun yang jatuh dan mengeluarkan suara seperti tambur atau gendang, namun di sisi lain masyarakat mengatakan bahwa nama curug tersebut diambil dari sebuah legenda terdahulu.

Curug Cibeureum
Ketinggian curug ini sekitar 40 meter dan terdiri dari tiga bagian, yang utama yaitu curug Cibeureum dan yang kedua curug lainnya adalah curug yang lebih kecil yaitu curug cikundul dan curug cidendeng. Curug cibeureum masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango tepatnya di Desa Sindanglaya, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur dan curug ini merupakan air terjun terbesar dan terpendek di kawasan ini.

Curug Air Panas
Curug ini berlokasi di Desa Sukasirna, Kecamatan Leles, Cianjur Selatan. Curug ini juga tak kalah indahnya dan uniknya curug ini mengeluarkan belerang dari dasar dataran tinggi sehingga menciptakan curug dengan airn panasnya yang menarik.

Tempat Wisata Menarik lainnya di Cianjur

Taman Bunga Nusantara
Sebuah taman yang bertemakan taman bunga ini memiliki koleksi beragam bunga tropis dari dalam maupun luar negri, disini pengunjung bisa menikmati keindahan bunga-bunga yang disusun rapi dan memancarkan warna warni yang cantik dipandang mata. Taman Bunga Nusantara terletak di Desa Kawung Luwuk, Cipanas, Cianjur.

Kebun Raya Cibodas
Selain Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas ini juga menampilkan berbagai macam koleksi tanaman seperti anggrek, kaktus, maupun tanaman obat. Koleksi yang dimiliki Kebun Raya Cibodas ini mencapai ribuan tanaman, untuk lokasinya berada di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur.

Danau Sejuta Pesona
Sesuai dengan namanya maka danau ini disebut memiliki sejuta pesona yang terletak di Kota Bunga. Di area wisata ini terdapat berbagai wahana seperti bumper car, bumper boat, fantasy walk, mandi bola, castle, magic ring, the wild west, venture river, welly the whale, dan sejumlah wahan menarik lainnya.

Dengan adanya tempat wisata seperti yang disebutkan diatas mungkin akan membuat anda lebih betah berada di Cianjur guna mengunjungi satu persatu tempat wisata di Cianjur. Semoga yang saya sajikan diatas bisa bermanfaat buat anda, terima kasih sudah berkunjung di blog Diary Wisata Indonesia.

Kembali ke atas ↑

Post title : Wisata Cianjur: Tempat yang asyik untuk Rekreasi
Written by :

Berfikir positif itu rileks. Jika anda tertarik untuk menyalin seluruh tulisan artikel ini untuk situs anda silahkan cantumkan link hidup sebagai sumbernya. Hindari pelanggaran hak cipta demi kebaikan bersama. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang ditampilkan hanya yang berkaitan dengan isi artikel dan tidak berisi link hidup.