Share this article : Share on FB Tweet Share on G+

Daftar Pilihan Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah

Daftar Pilihan Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah - Surakarta atau yang sering disebut Solo ini memang menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi ketika masuk di wilayah Jawa Tengah, karena selain menyimpan history yang patut dikenal juga memiliki banyak tempat wisata di Solo yang bisa dijadikan tujuan saat berlibur. Sisi timur kota Solo dilewati sungai yang terabadikan dalam sebuah musik keroncong yang berjudul Bengawan Solo, sungai tersebut merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Pulau Jawa dan banyak yang memanfaatkan sebagai tujuan penghapus jenuh seperti melakukan kegiatan memancing atau lainnya.
Silahkan baca juga: Objek Wisata Pantai Sendang Biru di Malang

Solo juga merupakan kota yang dijadikan tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, banyak yang tertarik untuk mengenal lebih dalam mengenai Kota Solo dan isinya bahkan tidak sedikit wisatawan dari luar negeri yang berlama-lama singgah di kota tersebut. Sebagai tujuan utama ketika berkunjung ke Solo pasti yang wajib dikunjungi adalah Keraton Surakarta karena tempat tersebut menjadi satu-satunya obyek wisata yang memiliki ciri khas tersendiri di Solo. Selain Keraton Surakarta tentu masih ada tempat wisata lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi, banyak pilihan untuk ditentukan.

Nah, bagi anda yang ingin mengunjungi sejumlah tempat wisata di Solo, disini saya akan membagikan sedikit ulasan mengenai tempat wisata di Solo yang mungkin bisa membantu anda dalam mencari tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi ketika disana.

Daftar Pilihan Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah
Benteng Vastenburg di Solo Jawa Tengah
Wisata bersejarah ini memiliki daya tarik bagi wisatawan karena banyak menyimpan sejarah pada jaman dahulu yang merupakan benteng peninggalan Belanda. Benteng Vastenburg dibangun pada tahun 1745 yang terletak di kawasan Gladak, Surakarta dan disebrang benteng tersebut terdapat kediaman Gubernur Belanda pada waktu itu dan sekarang dijadikan sebagai kantor Balaikota Surakarta.
Bagi anda yang suka dengan obyek wisata bersejarah dan ingin mengenal lebih banyak mengenai benteng tersebut maka anda bisa menuju ke Kedung Lumbu, Ps Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
Silahkan baca: Benteng Vastenburg di Solo Jawa Tengah

Daftar Pilihan Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah
Museum Batik Danar Hadi di Solo Jawa Tengah
Bagi wisatawan yang ingin mengenal tentang batik bisa mengunjungi House of Danar Hadi yang merupakan sebuah kompleks wisata heritage terpadu tentang batik. Di kompleks tersebut tepatnya di samping Ndalem Wuryaningratan terdapat museum batik kuno yang dinamakan Museum Batik Kuno Danar Hadi yang mana museum tersebut menjadi obyek wisata utama di kompleks House of Danar Hadi dan memiliki koleksi kain batik hingga 10.000 helai sehingga dinobatkan sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak, karena itulah obyek wisata tersebut menjadi tujuan favorite bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengenal tentang batik di Indonesia.

Daftar Pilihan Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah
Museum Radya Pustaka di Solo Jawa Tengah
Jika ingin mengetahui keberadaan museum tertua di Indonesia maka anda bisa mengunjungi Museum Radya Pustaka. Menurut sejarah, museum ini didirikan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pada masa pemerintahan Pakubuwono IX, dan saat ini Gedung Museum Radya Pustaka berlokasi di Jl. Slamet Riyadi, Surakarta. Banyak koleksi yang ada di museum tersebut, diantaranya yaitu pusaka adat, wayang kulit, macam-macam buku kuno, dan berbagai macam arca. Nah bagi anda yang ingin mengetahui dan mengenal koleksi-koleksi tersebut tak ada salahnya berkunjung kesana.
Selain kedua museum diatas juga masih banyak museum lainnya di Solo diantaranya Museum Keraton Surakarta, Museum Pura Mangkunegaraan, Museum Lukis Dullah, Museum Pers, dan Museum Sangiran.

Daftar Pilihan Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah
Grojogan Sewu di Solo Jawa Tengah
Mungkin sebagian dari anda sudah tidak asing lagi mendengar tentang Grojogan Sewu, karena air terjun ini menjadi salah satu satu obyek wisata alam yang terkenal di Jawa Tengah. Suasana alam yang sejuk dan asri terasa melengkapi indahnya air terjun yang bernama Grojogan Sewu. Nah, bagi anda yang ingin berkunjung kesana silahkan menuju ke Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Selain Grojogan Sewu juga ada objek wisata air terjun lainnya seperti Air Terjun Parang Ijo, Air Terjun Jumog, dan Air Terjun Segoro Gunung. Air terjun tersebut juga terkenal akan keindahannya.

Daftar Pilihan Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah
Candi Sukuh di Solo Jawa Tengah
Jika ingin mengetahui keberadaan candi di Solo maka anda bisa mengunjungi Candi Sukuh. Candi Sukuh adalah kompleks candi agama Hindu. Bangunan Candi ini memberikan kesan kesederhanaan yang mencolok pada para pengunjung berbeda dengan candi-candi besar lainnya di Jawa Tengah. Jika anda ingin berkunjung ke Candi Sukuh, anda bisa menuju ke Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Selain Candi Sukuh juga ada candi-candi lainnya yang ada di solo misalnya Candi Monyet dan Candi Cetho.

Daftar Pilihan Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah
Keraton Surakarta di Solo Jawa Tengah
Nah, kalau yang satu ini adalah objek wisata utama yang ada di Solo/Surakarta, jadi sangat disayangkan jika sampai di kota Solo tanpa mampir di Keraton Surakarta karena merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Keraton Surakarta adalah istana resmi Kasunanan Surakarta yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II di tahun 1744. Pada sebagian kompleks keraton terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan seperti gamelan maupun pusaka.

Daftar Pilihan Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah
Agrowisata Kebun Teh Kemuning di Solo Jawa Tengah
Bagi anda yang suka dengan kesejukan alam yang membentang luas maka Kebun Teh Kemuning bisa dijadikan tujuan berlibur. Disini pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan sejuknya udara alami yang ada diantara hamparan kebun teh, bagi yang suka berfoto-foto maka objek wisata tersebut juga cocok sekali. Di sekitaran Kebun Teh Kemuning juga terdapat warung-warung makan, jadi pengunjung bisa sambil menikmati kuliner khas yang disediakan. Dan satu lagi jika anda ingin menikmati segarnya seduhan berbagai macam teh secara langsung, anda bisa mencoba mengunjungi Rumah Teh Ndoro Donker. Rumah yang merupakan peninggalan Belanda ini menyajikan teh dari Indonesia dengan beragam rasa. Jika anda tertarik untuk berkunjung ke Kebun Teh Kemuning, tidak ada salahnya mampir kesana yang lokasinya berada di kaki Gunung Lawu Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

Nah, jika anda sudah berkunjung ke beberapa objek wisata seperti yang saya sebutkan diatas maka tak ada salahnya menikmati wisata kulinernya juga, karena kuliner yang ada di kota Solo juga tidak kalah nikmatnya dengan daerah lain. Kuliner khas yang bisa anda nikmati ketika di kota Solo diantaranya yaitu Gudeg Cakar, Pecel Desa, Bestik Solo, Selat Solo, Srabi Solo, Kambing Guling, Sate Buntel, Sate Kere, Tengkleng, Sate Kambing, Nasi Liwet, Roti Mandarin, Sosis Solo, Bakso Solo, Timlo, dan masih banyak yang lainnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan di dalam tulisan ini dan semoga dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda yang ingin mencari pilihan tempat wisata yang ada di Solo. Dengan berbagai macam kuliner lezat dan beragam objek wisata yang menarik maka Solo bisa dijadikan destinasi wisata yang patut dan wajib untuk dikunjungi.
Silahkan baca juga: 7 Tempat Wisata di Surabaya Jawa Timur yang Terkenal

Post title : Daftar Pilihan Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah
Written by :

Berfikir positif itu rileks. Jika anda tertarik untuk menyalin seluruh tulisan artikel ini untuk situs anda silahkan cantumkan link hidup sebagai sumbernya. Hindari pelanggaran hak cipta demi kebaikan bersama. Terima kasih.

2 komentar:

  • Arkin Haris says:
    October 28, 2016 at 1:48 AM

    Info wisata bagus di Solo ini

  • Laisaw says:
    December 10, 2019 at 6:00 AM

    Iya gan objek wisata di Solo recommended banget. Trimakasih banyak y gan sudah berkunjung di blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat 🙏

Post a Comment

Komentar yang ditampilkan hanya yang berkaitan dengan isi artikel dan tidak berisi link hidup.