Share this article : Share on FB Tweet Share on G+

Wisata Sukabumi

Wisata Sukabumi - Sudah pernah liburan wisata ke Sukabumi? Jika belum tak ada salahnya mencicipi serunya berwisata kesana dan mari sama-sama kita lihat obyek wisata apa saja yang ada di Sukabumi Jawa Barat. Sekarang giliran tentang Wisata Sukabumi yang akan saya bagikan informasinya di postingan ini.
Ada banyak sekali tempat tempat untuk liburan wisata ketika di Sukabumi, yang paling terkenal yaitu Pantai Pelabuhan Ratu dan tentunya bagi anda sudah tidak asing lagi mendengar nama obyek wisata tersebut. Selain nama obyek wisata yang sudah disebutkan tadi masih banyak tempat wisata lainnya yang bagus dan menarik untuk dikunjungi, namun sejumlah wisata alam nampaknya lebih banyak dijumpai di sekitar wilayah Sukabumi karena letak geografisnya yang sangat mendukung.

Kabupaten Sukabumi ini merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah kabupaten Banyuwangi dan letaknya berada di wilayah provinsi Jawa Barat. Untuk menuju ke Sukabumi bisa menggunakan jalur Bogor-Sukabumi dan bisa menggunakan kereta api. Jika anda berminat berkunjung berwisata ke Sukabumi dengan kendaraan pribadi ketika liburan saya sarankan untuk selalu menjaga kondisi tubuh anda karena biasanya ketika liburan panjang datang, jalur tersebut mengalami kemacetan yang bisa menguras tenaga dan pikiran. Nah, ketika sudah sampai di Sukabumi anda bisa memilih tempat wisata apa yang ingin dikunjungi, dan berikut Diary Wisata Indonesia memberikan sedikit ulasan sejumlah tempat wisata di Sukabumi yang bisa anda kunjungi.

Wisata Sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat

Pantai Pelabuhan Ratu
Lokasi: Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, sekitar 60 km dari kota Sukabumi.
Selain memiliki ombak yang dikenal memiliki hempasan yang sangat kuat, pantai ini juga menarik untuk dikunjungi dan banyak wisatawan yang datang untuk berlibur menikmati indahnya pantai Pelabuhan Ratu. Tidak jauh dari pantai tersebut sekitar 17 km terdapat pula fasilitas rekreasi yang juga menarik yaitu sumber air panas di Cisolok yang mana airnya mengandung belerang yang berguna untuk kesehatan. Jika ingin berlama-lama disana, wisatawan bisa sambil bersantai di sejumlah hotel maupun losmen yang berada di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu, terdapat juga hotel yang besar dan mewah bernama Samudera Beach Hotel yang mana hotel tersebut merupakan salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia pada kurun waktu yang sama dengan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, dan Toserba Sarinah.

Pantai Cibangban
Lokasi: Desa Pasirbiru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, berjarak sekitar 20 km dari Pelabuhan Ratu.
Pantai yang terletak di Kecamatan Cisolok ini juga cocok bagi wisatawan yang berkunjung bersama keluarga. Dengan memiliki pantai yang landai dan ombak yang relatif kecil, pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang. Pemandangan lautnya juga sangat indah yang bisa dilihat dari atas bukit dan bisa menyegarkan pikiran.

Pantai Citepus
Lokasi: Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhan Ratu, tidak jauh dari alun-alun Masjid Agung Pelabuhan Ratu
Bagi pengunjung yang ingin rekreasi piknik bersama keluarga di dalam suasana yang sejuk dan menyenangkan, pantai Citepus juga cocok untuk dikunjungi. Pantai ini juga terkenal akan kebersihannya, jadi para pengunjung juga harus bisa ikut untuk menjaganya. Pengunjung lokal juga banyak menghabiskan waktu liburan akhir pekan di pantai ini.

Pantai Minajaya
Lokasi: Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.
Dengan memiliki pesisir pantainya yang datar dan ombak yang kecil, pantai Minajaya sangat cocok bagi anak-anak yang ingin bermain tanpa mengundang rasa khawatir bagi orang tua. Di pinggiran pantai juga terdapat tenda-tenda untuk istirahat, pengunjung juga bisa memesan kuliner nasi dan ikan bakar untuk disantap bersama sambil menikmati pemandangan, harga untuk memesan makanan tersebut juga tidak terlalu mahal alias murah.

Curug Cikaso
Lokasi: Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, berjarak sekitar 110 km dari kota Sukabumi.
Air terjun ini terkenal akan keindahannya dengan memiliki tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dan dibagian bawahnya terdapat kolam dengan air yang berwarna hijau kebiruan. Ketiga air terjun tersebut memiliki tinggi sekitar 80 meter dan juga mempunyai nama yang berbeda yaitu sebelah kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong, dan yang kanan bernama Curug Aki. Di sekitar lokasi Curug Cikaso terdapat warung makan dan kios-kios yang menjual souvenir.

Curug Cibeureum
Lokasi: Perbawati, Selabintana, Sukabumi.
Selain curug cikaso, curug cibeureum ini juga menarik untuk dikunjungi. Memiliki ketinggian sekitar 54 meter, bisa dilalui dengan berjalan kaki namun trekking untuk menuju ke air terjun ini tidak terlalu sulit untuk dilewati serta bisa sambil menikmati pemandangan hamparan kebun teh yang hijau.

Situ Gunung
Lokasi: Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.
Situ Gunung adalah sebuah danau yang berada di kaki gunung Pangrango. Wisatawan lokal biasa melakukan aktifitas camping sambil menikmati pemandangan danau dan merasakan sejuknya hawa pegunungan di sekitar Situ Gunung.

Curug Cigangsa
Lokasi: Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.
Curug ini merupakan salah satu air terjun yang juga menyajikan pemandangan yang menawan, airnya jatuh dan mengalir diantara bebatuan berwarna hitam dan di bawahnya juga terdapat kolam alami sama halnya dengan curug cikaso. Untuk mencapai lokasi Curug Cigangsa ini pengunjung bisa dengan berjalan kaki atau dengan naik perahu kecil melalui sungai.

Curug Bibijilan
Lokasi: Kawasan wisata Buni Ayu, Sukabumi.
Curug ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan bertingkat-tingkat dan tingkatannya ini dapat didaki oleh manusia, namun jika musim hujan lokasi ini tidak boleh dikunjungi di karenakan debit airnya yang tinggi dan deras. Curug ini biasanya digunakan untuk aktifitas panjat tebing maupun flting fox.

Pantai Pangumbahan Penangkaran Penyu
Lokasi: Ujung Genteng, Sukabumi.
Salah satu wisata edukatif yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, disini pengunjung bisa melihat penyu hijau (Chelonia Mydas) yang jarang ditemui. Sambil mengenal binatang yang cantik tersebut, pengunjung bisa berjalan-jalan menyusuri pantainya.

Pantai Cimaja Pelabuhan Ratu
Lokasi: Desa Cimaja, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, sekitar 10 meter dari Pelabuhan Ratu.
Bagi penggemar surfing, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Para peselancar banyak yang menyalurkan hobinya di pantai ini karena ombaknya yang sangat mendukung untuk berselancar yang mana tingginya bisa mencapai 4 meter. Di lokasi ini juga sering diadakan kompetisi surfing nasional sampai internasional, jadi pengunjung juga berkesempatan menyaksikan kompetisi menarik tentang olah raga pantai.

Taman Nasional Gunung Halimun
Di taman nasional ini pengunjung bisa menyaksikan aktifitas binatang dari jembatan sepanjang 100 meter dan terdapat juga jembatan kanopi atau Canopy Walk yang memang disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati kesejukan alam serta melihat pemandangan sekitar di ketinggian 20 meter. Taman Nasional Gunung Halimun menyimpan beragam jenis hayati termasuk 75 jenis anggrek yang beberapa diantaranya merupakan jenis anggrek yang langka.

Nah, selain mengunjungi tempat-tempat wisata diatas, ketika berkunjung ke Sukabumi anda bisa menyaksikan berbagai atraksi wisata seni diantaranya;
  • Rumpun Angklung
  • Rumpun Celempungan
  • Rumpun Debus
  • Rumpun Wayang
  • Rumpun Teater
  • Rumpun Terebang
  • Rumpun Ibing
  • Rumpun Helaran
  • Rumpun Kecapian
  • Rumpun Beladiri
  • Rumpun Gamelan
  • Rumpun Sekaran
  • Rumpun Macakal
  • Rumpun Ngontrek
  • Kriya

Demikian sejumlah wisata di Sukabumi saya akhiri sampai disini, semoga informasi yang saya bagikan seperti diatas dapat bermanfaat bagi anda. Jika anda hendak melakukan perjalanan, ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu berhati-hati dijalan.

Post title : Wisata Sukabumi
Written by :

Berfikir positif itu rileks. Jika anda tertarik untuk menyalin seluruh tulisan artikel ini untuk situs anda silahkan cantumkan link hidup sebagai sumbernya. Hindari pelanggaran hak cipta demi kebaikan bersama. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang ditampilkan hanya yang berkaitan dengan isi artikel dan tidak berisi link hidup.