Share this article : Share on FB Tweet Share on G+

Tempat Wisata yang ada di Jogja yang Wajib dikunjungi

Tempat Wisata yang ada di Jogja yang Wajib dikunjungi

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib dikunjungi - Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja ini adalah salah satu kota besar di Pulau Jawa yang merupakan ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika mengulas tentang keberadaan tempat wisata di kota yang dijuluki Kota Gudeg ini tentu sangat banyak dan menarik. Bagi wisatawan mancanegara maupun domestik yang sedang berkunjung atau berlibur ke Jogja mungkin sayang jika tidak mampir ke sejumlah tempat wisata yang mana wajib dikunjungi salah satu diantaranya yaitu Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang menjadi salah satu ikon pariwisata terpopuler di Yogyakarta.

Tempat wisata yang ada di Jogja pada umumnya bukan hanya dikunjungi masyarakat Jogja sendiri namun juga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai kota lain bahkan wisatawan dari negara lain. Selain karena banyak terdapat tempat wisata yang menarik juga karena Jogja terletak strategis yaitu di jalur-jalur utama jalan lintas selatan yang menghubungkan Jogja, Bandung, Surakarta, Surabaya, dan kota-kota di selatan Jawa, serta jalur Jogja-Semarang yang menghubungkan Jogja, Magelang, Semarang, dan kota-kota di lintas tengah Pulau Jawa. Maka dari itu transportasi di Jogja cukup memadai untuk memudahkan mobilitas antara kota-kota tersebut. Bagi wisatawan yang berada di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, maupun lainnya di Indonesia pasti sangat mudah untuk menjangkau kota Jogja/Yogyakarta, dan untuk wisatawan dari negara lain juga bisa menggunakan pesawat terbang yang dapat mendarat di Bandara International Adisutjipto Yogyakarta.

Nah, bagi wisatawan yang ingin mengisi liburan di Jogja dengan mengunjungi sejumlah tempat wisatanya, disini Diary Wisata Indonesia akan memberikan daftar nama-nama tempat wisata yang ada di Jogja yang wajib dikunjungi

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Sebuah keraton yang merupakan istana resmi Kesultanan, kompleks bangunan keraton ini selain berfungsi sebagai tempat tinggal sultan juga menjadi salah satu objek wisata di Jogja dan merupakan tujuan wisata yang wajib dikunjungi. Sebagian kompleks keraton terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi milik Kesultanan. Selain memiliki bangunan yang megah, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki suatu warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak secara administrasi diantara Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta, dan Desa Bokoharjo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan ini juga termasuk situs warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Di dalam kompleks candi terdapat museum yang menyimpan berbagai temuan benda bersejarah purbakala, museum tersebut berada diantara candi Prambanan dan candi Lumbung.

Museum Vredeburg
Jika ingin mengenal tentang sejarah maka banyak yang bisa dikunjungi di Jogja salah satunya yaitu Museum Vredeburg. Museum ini adalah sebuah benteng yang berada di depan Keraton Yogyakarta. Di sejumlah bangunan dalam benteng terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia.

Taman Sari Yogyakarta
Taman ini merupakan situs bekas taman atau kebun Istana Keraton Yogyakarta yang memiliki luas sekitar 10 hektare yang terdapat bangunan-bangunan berupa kolam pemandian, jembatan gantung, danau dan pulau buatan, lorong bawah air, dan lainnya. Kompleks Taman Sari terbagi menjadi empat bagian, yang pertama Pulo Kenongo, Pulo Cemethi dan Sumur Gumuling, yang kedua salah satunya yaitu Gedong Lopak-lopak, bagian ketiga salah satunya kompleks Pasarean Dalem Ledok Sari, dan yang keempat salah satunya yaitu jembatan gantung dan danau buatan.

Malioboro
Malioboro tak lain adalah sebuah nama jalan di kota Jogja, dan hingga kini Malioboro menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi dan juga menjadi tujuan favorite bagi wisatawan. Di setiap sisi jalan Malioboro banyak yang menjual berbagai macam produk, jadi bagi yang ingin merasakan sensasi wisata belanja maka tempat ini cocok untuk dikunjungi. Selain menjadi pusat perdagangan, Malioboro juga menjadi tempat berkumpulnya para seniman Jogja mulai dari pelukis, musisi, dan lainnya. Jika malam tiba wisatawan juga bisa mencicipi berbagai kuliner yang dijajakan salah satunya yang terkenal yaitu Gudeg Jogja yang tersedia di warung khas lesehan.

Kebun Binatang Gembira Loka
Bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja dan ingin melihat binatang maka bisa mencoba datang ke salah satu tempat wisata populer di Jogja ini. Kebun Binatang Gembira Loka memiliki banyak koleksi hewan reptil maupun binatang lainnya. Di dalam kompleks kebun binatang juga terdapat wahana diantaranya skuter air, ATV, perahu boat, perahu kayuh, kereta mini, gajah tunggang, onta tunggang, dan masih banyak lainnya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi salah satu tujuan favorite untuk mengisi liburan.

Pantai Parangtritis
Salah satu pantai di Jogja yang paling terkenal ini juga menjadi tujuan wisata alam yang wajib dikunjungi karena pantai Parangtritis ini menyajikan pemandangan yang indah. Disini wisatawan bisa melakukan kegiatan seperti berenang, selancar, main layang-layang, bermain bola, ATV, atau berkeliling menyusuri pantai dengan menggunakan kereta kuda. Jika ingin bermalam, pengunjung bisa menyewa losmen atau penginapan lainnya dengan harga yang terjangkau.

Dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada di Jogja mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan disini. Pada dasarnya banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika di Jogja dan daftar tempat wisata diatas merupakan beberapa tempat wisata yang ada di Jogja yang wajib dikunjungi.

Post title : Tempat Wisata yang ada di Jogja yang Wajib dikunjungi
Written by :

Berfikir positif itu rileks. Jika anda tertarik untuk menyalin seluruh tulisan artikel ini untuk situs anda silahkan cantumkan link hidup sebagai sumbernya. Hindari pelanggaran hak cipta demi kebaikan bersama. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang ditampilkan hanya yang berkaitan dengan isi artikel dan tidak berisi link hidup.