Share this article : Share on FB Tweet Share on G+

Destinasi tempat wisata di Banyuwangi yang menarik

Destinasi Tempat Wisata di Banyuwangi yang Menarik - Apakah anda salah satu dari orang yang menggandrungi Banyuwangi? Jika iya maka tidak ada salahnya menyambangi kabupaten Banyuwangi yang memiliki ciri khas tariannya yaitu Tari Gandrung. Di Banyuwangi ini juga menyimpan sejumlah destinasi wisata menarik untuk menemani liburan anda, tempat wisata di Banyuwangi yang akan saya uraikan nanti merupakan destinasi wisata yang sudah tak asing lagi dan cukup populer di benak wisatawan. Dengan memiliki wilayah yang cukup beragam seperti dataran rendah hingga pegunungan, maka beragam pula tempat-tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan berlibur.

Loncat ke :

Destinasi tempat wisata di Banyuwangi yang menarik

Secara geografis kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten yang paling luas di Provinsi Jawa Timur bahkan Pulau Jawa, dan kabupaten ini teletak di ujung paling timur Pulau Jawa sehingga mendapat julukan The Sunrise of Java. Julukan tersebut disandang kabupaten Banyuwangi karena posisi daerahnya merupakan yang pertama terkena sinar matahari terbit di Pulau Jawa, jadi jika ingin menyaksikan keindahan sunrise di sekitar Banyuwangi harus bangun pagi-pagi. Oh, iya selain memiliki julukan yang terkenal tersebut, Bayuwangi juga memiliki julukan yang bisa dibilang ngeri untuk di dengar yaitu "Kota Santet", julukan itu juga sudah sering didengar sejak terjadinya peristiwa memilukan ketika 100 orang lebih dibunuh secara misterius karena dituduh memiliki ilmu santet, dan peristiwa tersebut dikenal oleh masyarakat luas sebagai "Tragedi Santet" di tahun 1998 silam, lepas dari semua itu yang pasti Banyuwangi masih tetap menjadi tujuan favorite bagi wisatawan yang ingin menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke tempat wisatanya yang menjadi bagian dari wisata Indonesia yang wajib dikunjungi.

Untuk menuju ke kabupaten Banyuwangi sangat mudah karena transportasi di kabupaten tersebut juga cukup memadai. Semua moda transportasi tersedia mulai dari darat, laut, bahkan udara. Banyuwangi sendiri merupakan ujung paling timur jalur pantura dan berjarak sekitar 282 km dengan Malang.

Untuk jalur daratnya bisa menggunakan kereta api yang berhenti di stasiun besar yaitu Stasiun Banyuwangi Baru, Stasiun Karang Asem, Rogojampi, Kalibaru, dan Stasiun Kalisetail, sedangkan untuk stasiun kecil yaitu stasiun Singojuruh, Temuguruh, Glenmore, dan Halte Krikilan. Jika untuk transportasi perkotaannya yaitu bisa menggunakan taxi, mikrolet, elf/colt, dan minibus.
Selain transportasi daratnya, untuk bisa menuju ke Banyuwangi dapat menggunakan pesawat terbang yang mendarat di Bandar Udara Blimbingsari yang berada di Kecamatan Rogojampi. Untuk transportasi kapal, tempat berlabuhnya yaitu di Pelabuhan Tanjung Wangi yang mana melayani pelayaran ke kepulauan bagian timur Madura. Dengan memiliki moda transportasi seperti itu, maka wisatawan akan semakin mudah untuk berlibur wisata menuju ke Kabupaten Banyuwangi menggunakan transportasi umum.

Jika anda berminat untuk melakukan perjalanan wisata ke Banyuwangi, silahkan anda bebas memilih dan menentukan tempat wisata apa yang ingin anda kunjungi seperti yang saya sebutkan di bawah ini;

Destinasi Pantai di Banyuwangi

Pantai Plengkung
Destinasi Pantai di Banyuwangi
Bagi para peselancar lokal maupun mancanegara mungkin sudah akrab dengan yang namanya Pantai Plengkung ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan G-Land. Pantai yang berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo kabupaten Banyuwangi ini juga sudah terkenal dengan deburan ombak yang cukup menantang bagi peselancar, ketinggian ombaknya bisa mencapai 6 sampai 8 meter, bagi peselancar yang sudah profesional tentunya ombak seperti itu menjadi sasaran empuk untuk ditaklukkan bahkan para peselancar asal Amerika di sekitar tahun 1972 pernah melakukan ekspedisi di pantai ini. Meskipun pantai ini sering dijadikan tujuan berselancar, bukan berarti pantai plengkung ini khusus untuk kalangan peselancar saja namun bagi anda yang kurang suka dengan kegiatan seperti itu tentu bisa melakukan aktifitas wisata lainnya karena disini juga tersedia fasilitas - fasilitas untuk semua wisatawan yang datang.
Ulasan : Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi yang menantang.

Pantai Rajegwesi
Destinasi Pantai di Banyuwangi
Berbeda dengan Pantai Plengkung, kalau pantai Rajegwesi ini sepertinya tidak memiliki ombak yang dimiliki pantai Plengkung. Pantai yang terletak di Taman Nasional Meru Betiri tepatnya di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi ini memiliki ombak yang sepertinya relatif sedang dan pasir pantainya berwarna cokelat. Pantai ini dikelilingi oleh hutan tropis yang masih terlihat asri, dengan begitu pantai Rajegwesi ini memiliki panorama yang sangat indah memukau. Selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga menjadi sentra perdagangan bagi penduduk desa di sekitar pantai Rajegwesi.

Pantai Blimbingsari
Destinasi Pantai di Banyuwangi
Jika anda ingin menikmati kuliner ikan bakar ketika di banyuwangi sambil menikmati keindahan pantai, di pantai inilah anda akan mendapatkan semua itu. Pantai Blimbingsari merupakan tempat wisata yang juga cukup populer di kabupaten Banyuwangi, pantai ini biasanya akan sangat ramai disaat liburan akhir pekan atau liburan panjang. Tujuan wisatawan yang datang ke pantai Blimbingsari ini biasanya untuk menikmati hidangan ikan bakar atau menyaksikan indahnya pemandangan sekitar, dan juga di pantai ini sering diadakannya Upacara Petik Laut setiap bulan suro atau bulan Muharram dalam kalender Islam. Pantai Blimbingsari terletak di Kecamatan Rogojampi sekitar 23 km dari pusat kota Banyuwangi.

Pantai Lampon
Destinasi Pantai di Sukabumi
Meskipun banyak yang mengatakan kalau pantai ini kurang terkenal di banding pantai lainnya di Banyuwangi, namun pantai ini bisa dijadikan alternatif sebagai tujuan wisata alam bagi wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Banyuwangi. Pantai lampon yang terletak di Kecamatan Pesanggaran ini terdapat perbukitan dan pepohonan yang senantiasa melengkapi keindahan alam sekitarnya. Aktifitas yang biasa dilakukan warga ketika di pantai ini yaitu memancing.

Pantai Boom
Destinasi Pantai di Banyuwangi
Pantai Boom ini dulunya adalah sebuah pelabuhan namun saat ini aktifitas pelabuhan tidak terlalu ramai dan pantai ini sekarang menjadi tujuan favorite bagi kawula muda di Banyuwangi, jika pada hari minggu pantai ini bisa dipastikan banyak dikunjungi warga Banyuwangi. Di pantai Boom ini pengunjung bisa melakukan aktifitas liburan seperti memancing maupun berkeliling dengan menunggang kuda, sekitar bibir pantai juga terdapat kedai-kedai yang menjual berbagai makanan ringan maupun makanan laut. Untuk dapat mencapai Pantai Boom ini wisatawan bisa menuju ke daerah Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah
Destinasi Pantai di Banyuwangi
Pantai yang satu ini juga surganya para peselancar, kawasan pantai ini menjadi alternatif peselancar setelah pantai Plengkung. Dengan memiliki ketinggian ombak berkisar 3-5 meter ini merupakan salah satu ombak yang cukup menantang untuk digunakan berselancar. Selain sebagai tempat surfing, pantai Pulau Merah juga terkenal dengan ciri khasnya yaitu terdapatnya sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tanah berwarna merah namun tertutup oleh tanaman hijau sehingga tidak tampak warna aslinya. Kawasan wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini merupakan salah satu pantai populer di Kabupaten Banyuwangi.

Pantai Watu Dodol
Jika anda dalam perjalanan melintasi jalur Situbondo - Banyuwangi maka sayang jika tidak mampir ke Pantai Watu Dodol, karena selain pemandangannya yang menawan juga bisa anda jadikan tempat beristirahat. Pantai Watu Dodol ini berada di sekitar jalan raya Situbondo kabupaten Banyuwangi dan merupakan pintu masuk ke Kabupaten Banyuwangi. Dinamakan Watu Dodol karena di area tersebut terdapat sebuah batu karang besar yang ditumbuhi sebuah pohon, inilah yang menjadi keunikan dari wana wisata Watu Dodol. Jika anda melintasi jalur tersebut dan melihat sebuah patung dengan gaya tarian khas Banyuwangi (Tari Gandrung) disertai tulisan Selamat Datang di Kabupaten Banyuwangi maka anda sudah berada di area wisata Watu Dodol.

Destinasi Taman Wisata di Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo
Taman Nasional ini terdiri dari 4 zona yaitu zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, dan zona penyangga. Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kecamatan Tegaldimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Taman Nasional Merubetiri
Taman Nasional ini memiliki obyek wisata petualangan hutan dan pantai, pantai yang ada banyak yang masih belum terjamah karena memang tidak diperkenankan untuk sarana wisata yang permanen. Lokasi Taman Nasional Merubetiri secara administratif berada di Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi.

Taman Blambangan
Di area taman/alun-alun ini terdapat gelanggang seni dan budaya serta terdapat bangunan-bangunan juga lapangan basket, arena skateboard, dan area kuliner. Lokasi Taman Blambangan ini berada di Kota Banyuwangi.

Taman Tirta Wangi
Taman Tirta Wangi merupakan simbol pintu masuk kawasan kota Banyuwangi, terdapat kolam di tengah-tengah taman tersebut dan juga pepohonan yang lebat dan rindang.

Taman Sritanjung
Taman ini digunakan untuk sarana rekreasi keluarga di Banyuwangi yang terletak di sebelah timur Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. Di taman tersebut biasanya warga Banyuwangi melakukan kegiatan bersantai, jalan-jalan, nongkrong, maupun menikmati kuliner.

Destinasi lainnya di Banyuwangi

Kawah Ijen
Destinasi Tempat Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi
Kawah Ijen termasuk destinasi populer di Banyuwangi, untuk dapat melihat keindahan sebuah danau kawah pengunjung bisa melakukan perjalanan menuju ke gunung Ijen atau lokasinya berada di dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen. Di Kawah Ijen pengunjung disajikan dengan pemandangan alam yang sangat indah, eloknya pemandangan kawah dan sejuknya hawa pegunungan menjadi hal yang dinanti wisatawan saat berkunjung kesana. Untuk melakukan pendakian di Gunung Ijen bisa di awali dari Bondowoso atau Banyuwangi.

Air Terjun Lider
Destinasi Tempat Wisata Air Terjun Lider di Banyuwangi
Obyek wisata alam ini memang benar-benar alami karena memang tempatnya berada di dalam hutan yang masih lebat dan belum terlalu dikenal banyak wisatawan. Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Lider ini harus ditempuh dengan jalur yang menantang dengan medan yang cukup sulit. Lokasinya berada di Desa Sragi, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Air Terjun Lider ini memiliki ketinggian yang menarik yaitu sekitar 100 meter, jadi anda bisa merasakan serunya gemuruh air yang jatuh dari atas bukit.

Agrowisata Alam Indah Lesatari
Dengan memiliki nuansa alam yang asri dan indah, maka Alam Indah Lesatari juga menjadi destinasi favorite bagi wisatawan yang datang ke Kabupaten Banyuwangi. Hamparan sawah yang luas dan beberapa wahana seakan melengkapi tempat wisata ini, waterboom, tempat karaoke, kebun jeruk, dan sejumlah penginapan bisa anda temukan disini. Untuk lokasi Alam Indah Lestari ini berada di Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

Nah, dari sekian banyaknya tempat wisata di banyuwangi yang sudah saya bahas diatas, mungkin ada yang membuat anda tertarik untuk mengunjunginya. Jika ingin mengisi waktu liburan anda ke Kabupaten Banyuwangi, tidak ada salahnya mencoba tempat-tempat wisata seperti diatas.
Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat menikmati liburan yang menyenangkan ketika berkunjung ke tempat wisata menarik di Banyuwangi.

Kembali ke atas ↑

Post title : Destinasi tempat wisata di Banyuwangi yang menarik
Written by :

Berfikir positif itu rileks. Jika anda tertarik untuk menyalin seluruh tulisan artikel ini untuk situs anda silahkan cantumkan link hidup sebagai sumbernya. Hindari pelanggaran hak cipta demi kebaikan bersama. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang ditampilkan hanya yang berkaitan dengan isi artikel dan tidak berisi link hidup.